aplikasi-trenda-saat-di-rumah-aja

Aplikasi Trenda saat di Rumah aja

Sahabat bagaimana apakah sudah bosan di rumah? Atau mungkin Sahabat sudah terbiasa menjalani aktivitas di rumah? Baik Sahabat yang masih sekolah, kuliah ataupun bekerja. Ini sudah hari ke sekian kita dalam mengikuti aturan pemerintah berupa physical distancing dan program PSBB yang diberlakukan di berbagai daerah.

Dari beberapa Sahabat mungkin akan ada yang menjawa “Iya, sudah bosan di rumah, mau sekolah, mau main, mau ketemu teman-teman, mau nonton di XXI, mau nge-mall, mau sholat tarawih, mau ngabububrit dan masih banyak lagi deh.” Ada yang akan menjawab “Biasa aja, masih dalam kondisi baik-baik aja di rumah, malah enak bisa rebahan kapan aja.” 😊 Jadi Sahabat akan jawab yang mana?

Kita semua tidak ada yang tahu kapan pandemi COVID-19 ini akan berakhir. Adapun berita yang menjelaskan bahwasanya, COVID-19 sudah memasuki masa penurunan jumlah kasus yang ada. Namun hal ini tidak membuat kita luput dari situasi yang masih belum bisa dikatakan selesai atau bersih dari pandemi COVID-19.

Jikalau Sahabat mengikuti berita-berita terbaru di sosial media berkaitan dengan pandemi COVID-19 akan selesai pada bulan Juni mendatang, wallahualam. Kita semua harus tetap optimis, tetap menjalani physical distancing untuk memutus rantai penyebaran, mengikuti aturan pemerintah untuk tidak melakukan mudik atau pun pulang kampung terlebih dahulu, walau berat tapi ini buat kebaikan banyak orang disekitar kita juga dan kuatkan doa kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar pandemi ini segera berakhir.

Dengan kondisi yang seperti ini kita diharuskan untuk belajar untuk terbiasa untuk menjalani kegiatan biasa dari rumah seperti belajar, meeting, mengerjakan pekerjaan kantor, kuliah dan masih banyak lainnya. Hal ini didukung dengan kemudahan teknologi yang semakin canggih. “mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat” pasti pernah diantara kalian membaca tagline ini. Ada satu sisi yang sekarang benar-benar kita rasakan yaitu “mendekatkan yang jauh”. Salah satu contohnya anak-anak sekarang belajar bisa menggunakan aplikasi penunjang pembelajaran, bagaimana dengan kita? Apakah dengan kerja di rumah atau tetap di rumah dapat membuat kita lebih produktif atau tidak?

Dunia digital sangat berperan dalam berbagai bidang, dan akan sangat bermanfaat jika kita bisa menggunakannya dengan bijak. Mungkin cukup mengagetkan jika ada diantara Sahabat yang belum terbiasa menggunakan aplikasi-aplikasi yang jarang dan mungkin hampir tidak digunakan tapi ini sangat bermanfaat untuk kegiatan para Sahabat. Dari aplikasi buat pendidikan, kerja, kesehatan, sosial dan pembayaran kebutuhan yang biasanya kita lakukan langsung di tempatnya.

Nah, banyak aplikasi yang belakangan ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Yuk kita simak aplikasi apa saja dan manfaatnya?

Skype
Siapa yang tidak kenal dengan Skype? Aplikasi ini paling populer untuk melakukan panggilan video dan audio jarak jauh antara dua atau lebih pengguna. Salah satu versi Skype. Skype digunakan untuk forum kecil dengan peserta di bawah 25 orang atau kurang. Adapun Skype for Business dirancang untuk pertemuan perusahaan yang lebih besar dengan kapasitas sampai 250 orang. Baik Skype atau pun Skype Business, keduanya memiliki fitur dasar serupa, seperti pesan singkat, screen sharing, percakapan pribadi, dan subtitle otomatis yang membaca ucapan. Selain itu juga tersedia fitur lainnya, seperti membagikan lokasi, dan pengiriman file multimedia atau dokumen. Namun, di dalam Skype for Business terdapat fitur-fitur tambahan yang tidak ditemukan pada Skype reguler. Misalnya, hasil konferensi dapat direkam, disimpan dan dibagikan, cocok bagi Sahabat yang kesulitan menyesuaikan jadwal pertemuan dengan anggota tim lainnya. Selain itu, pengguna admin dapat mengatur jalannya konferensi seperti mengeluarkan peserta, mengundang peserta baru, atau membatasi jumlahnya. Salah satu fitur tercanggih dari Skype Business adalah Skype Room System, yang memungkinkan konferensi jarak jauh dapat dilakukan menggunakan layar dan kamera yang terpisah dari komputer.

Google Classroom
Platform Google Classroom banyak digunakan untuk menggantikan pertemuan di kelas fisik selama kegiatan belajar dan mengajar. Platform ini bisa digunakan baik untuk guru maupun murid untuk belajar di kelas virtual. Lewat Google Classroom, guru bisa memberikan penugasan secara daring kepada murid dan memberikan nilai. Sementara bagi murid, mereka bisa mendapatkan materi belajar dan mengumpulkan tugas di platform ini.

Zoom
Dengan Zoom, Sahabat bisa membagikan tampilan layar komputer kepada peserta rapat lainnya (screen sharing). Fitur tersebut sangat berguna untuk seminar atau kuliah jarak jauh yang memerlukan presentasi, video, buku, teks, dalam penyampaian materi. Dengan daya tampung pertemuan sampai 1000 peserta, aplikasi Zoom dapat diperoleh secara gratis bagi semua perangkat. Namun, pada Zoom versi gratis, pertemuan dibatasi maksimal 40 menit. Pertemuan harus dimulai dari awal lagi saat waktunya telah habis.

Google meet (Hangout Meet)
Google Meet adalah versi terbaru dari Google Hangouts. Google Meet dirancang untuk mengakomodir pertemuan terjadwal anggota tim, dengan fitur mirip Zoom seperti kalender, pemesanan ruang konferensi dan tampilan antarmuka yang lebih halus.
Salah satunya adalah Meeting ID yang menggunakan 10-25 karakter yang terdiri dari angka dan huruf. Sebagai perbandingan, Zoom hanya menggunakan 9-11 berformat angka yang relatif lebih mudah ditebak. Google juga mengklaim, data video pembicaraan di Hangout Meet seluruhnya dienkripsi, mulai dari klien ke server Google sampai video tersebut diolah di server Google. Enkripsi dilakukan menggunakan DTLS dan SRTP yang merupakan enkripsi standar publik. Lagi-lagi, ini merupakan kelebihan tersendiri dibanding Zoom yang mengenkripsi data menggunakan teknik enkripsi buatan sendiri.

MS. Team
Microsoft Teams menyediakan pengalaman percakapan modern untuk tim masa kini. Microsoft Teams mendukung tidak hanya obrolan berkesinambungan, tetapi juga berutas agar setiap orang tetap terlibat. Secara default, percakapan tim dapat dilihat oleh seluruh anggota tim, namun diskusi pribadi tentu saja dapat dilakukan.

Discord
Discord berguna sebagai platform para gamer untuk saling terhubung melalui chattingvoice callvideo call, dan lainnya. Selain berkomunikasi, aplikasi ini juga memungkinkan para gamer untuk membuat komunitas dari berbagai macam wilayah, seperti Jepang, Amerika, Singapura, Brazil, Hong Kong, dan lainnya.

Quizizz
Sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Kelebihan quizizz :
- Setiap siswa menjawab pertanyaan dengan benar maka akan muncul beberapa poin yang didapatkan dalam satu soal dan juga mendapat ranking berapa dalam menjawab soal tersebut.
- Jika siswa menjawab salah pertanyaan tersebut, maka akan muncul jawaban yang benar.
- Jika selesai mengerjakan kuis, pada akhir kuis akan ada tampilan Review Question untuk melihat kembali jawaban yang kita pilih.
- Dalam pengerjaan kuis, setiap siswa mendapat daftar pertanyaan yang berbeda dengan siswa lainnya karena kuis tersebut dibuat dalam bentuk Homework/PR sehingga daftar soalnya diacak dan setiap siswa, soal yang muncul berbeda-beda.

Masih banyak lagi aplikasi yang pastinya sudah sering kita gunakan dan semenjak kita melakukan banyak aktivitas dari rumah, aplikasi tersebut makin tinggi intensitas pemakaiannya. Seperti Whatsapp, Instagram, TikTok, NetFlix, VIU dan masih banyak lainnya.

Semoga bermanfaat, bijaklah dalam penggunaan media eletronik dan sosial media yang sekarang semakin canggih. Tetap semangat dan jaga kesehatan ya 😊

Barakallahu fii kum..

Related Post