Tema 8 Sub Tema 3 Sumber Daya Air dan Upaya Pelestariannya

Tema 8 Sub Tema 3 Sumber Daya Air dan Upaya Pelestariannya

Artikel kali ini mengenai pelajaran IPA kelas 5 yang dimana ada banyak sekolah yang menggunakan buku Tematik. Jadi kali ini kakak akan berbagi materi Tema 8 Sub Tema 3 yang berkaitan dengan “AIR”.

Adik-adik tahukan bahwa air sangat penting bagi Kehidupan kita dan kita harus tahu bagaimana cara menjaga agar persediaan air tetap ada dan tidak habis. Mau tau penjelasannya lebih lanjut? Baca terus artikel ini ya 😊

Makhluk hidup membutuhkan air untuk melangsungkan kehidupannya. Kita sebagai manusia sangat membutuhkan air baik untuk mandi, minum, bersih-bersih segala hal seperti cuci baju, cuci piring, kebutuhan kamar mandi dan laiinya. Pernah tidak terpikirkan oleh adik-adik apakah suatu saat nanti air akan habis? Nah sebelum itu kita perlu tahu dari mana saja air yang biasa kita pakai.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih kita mengambilnya dari sumber air tawar seperti :

  • Sungai
  • Air tanah
  • Mata air dari pegunungan

Ketersediaan air sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, bergantung pada daerah resapan air. Dimanakah daerah resapan terbesar dipermukaan bumi kita?? Jawabannya adalah HUTAN.

HUTAN merupakan daerah resapan air yang dapat menyimpan air hujan dengan kapasitas banyak dan menjadi cadangan air tanah.

Jika luas hutan kecil maka maka cadangan air tanah berkurang, pertanda musim kemarau  yang menyebabkan  mata air pegunungan kering dan aliran sungai berkurang.

Pencemaran air akan mengurangi persediaan air bersih, contohnya pembuangan limbah berbahaya dari industry di perairan seperti sungai, danau, waduk atau lainnya. Air yang teremar sudah tidak bisa digunakan lagi dan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Semakin banyak manusia maka makin banyak kebutuhan akan air bersih yang digunakan. Salah satu cara melestarikan sumber daya air dengan cara membuat daerah resapan air.

Apakah daerah resapan air itu???

Apakah teman-teman sudah tahu seperti daerah resapan air itu?

Yuk ke artikel dengan judul "Daerah Resapan Air"..

Tetap semangat dan jaga kesehatan ya, jangan lupa sayangi lingkungan kita untuk generasi selanjutnya. 

Barakallahu fii kum

 

 

Related Post