Malas Pakai Sunscreen? Yakin?

Malas Pakai Sunscreen? Yakin?

Siapa yang masih malas pakai sunscreen?

Sahabat SC pemakaian sunscreen dikeseharian kita sangat penting lho dan harus digunakan dalam jumlah yang banyak. Apalagi untuk Sahabat SC yang berkegiatan di kota-kota besar yang dimana nilai atau angka UV Light-nya sangat tinggi bisa mencapai 10 atau mungkin lebih.
Pakai sunscreen bikin malas karena pemakaiannya harus berulang? Sahabat SC lebih milih malas atau kulitnya sehat terjaga dan terhindar dari penyakit kulit akibat sering terpapar sinar matahari.

Sahabat SC yuk kita kenali sunscreen itu apa, seberapa penting sunscreen untuk kulit kita dan manfaat dari sunscreen.

Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja

Sahabat SC perlu ketahui bahwa matahari terdiri dari tiga jenis; sinar ultraviolet A (UVA), sinar ultraviolet B (UVB) dan sinar ultraviolet C (UVC). Masing-masing sinar tersebut memicu kerusakan pada kulit, tapi untungnya UVC tidak membahayakan karena masih terserap oleh atmosfer.

Namun, UVA dan UVB berperan besar dalam terjadinya masalah pada kulit. UVB dapat memicu sun burn atau kulit yang gosong hingga kulit mengelupas. UVB juga dapat memicu kanker kulit jika kulit tidak mendapatkan proteksi yang baik.
Sementara UVA dapat merusak kulit lebih dalam yang dapat merusak epidermis hingga terjadinya penuaan dini. Mulai dari terbentuknya melanin yang membuat timbulnya flek hitam hingga kulit yang keriput.

Oleh sebab itu kulit butuh proteksi dari luar dengan penggunaan sunblock. Kandungan dalam sunblock bekerja untuk menyerap dan memantulkan matahari sehingga matahari tidak langsung terpapar dengan kulit.

Itu semua berkat formulasi yang ada dalam tabir surya yang dapat bekerja memantulkan sinar ultraviolet. Adalah SPF (Sun Protection Factor) yang merupakan ukuran kemampuan proteksi untuk melindungi kulit dari sinar UVB.

Mungkin Sahabat SC sudah mengetahui kandungan SPF yang umum misalnya SPF 15, SPF 30 atau SPF 50. Semakin besar angka SPF maka semakin baik dalam melindungi kulit dari matahari. Namun umumnya di Indonesia sudah cukup aman menggunakan SPF 30. Tak hanya mempertimbangkan SPF, Anda juga perlu mencari sunscreen dengan label PA atau protection grade. Label tersebut berhubungan dalam melindungi kulit dari UVA.

PA biasanya menggunakan tanda plus (+) di belakangnya. Hal tersebut menandadakan kekuatan perlindungan kulit dari sinar UVA. Makin banyak tanda plus berarti semakin baik proteksi perlindungannya, misalnya PA+, PA++, PA+++ dan seterusnya.

Manfaat pemakaian sunscreen diantaranya :

  1. Melindungi dari Sinar UV Berbahaya
    Lapisan ozon yang terus menipis membuat risiko lebih tinggi terkena sinar matahari. Meskipun tubuh membutuhkan matahari untuk dosis harian Vitamin D, menerapkan sunscreen bermanfaat untuk menghalangi sinar berbahaya menembus kulit yang memicu iritasi hingga kanker.
  2. Mencegah Penuaan Dini
    Manfaat menggunakan sunscreen dapat melindungi kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Studi mengungkapkan bahwa orang-orang di bawah usia 55 tahun yang memakai sunscreen secara rutin, risiko mengalami penuaan dini lebih kecil 24 persen ketimbang mereka yang tidak menggunakannya.
  3. Menurunkan Risiko Kanker Kulit
    Pakailah sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari berbagai jenis kanker kulit, khususnya melanoma. Jenis kanker kulit ini dapat mengancam jiwa dan umumnya terjadi pada wanita berusia 20-an.
  4. Meratakan Warna Kulit
    Memakai sunscreen bermanfaat membantu meratakan warna kulit yang belang akibat hiperpigmentasi. Penggunaan sunscreen juga bermanfaat mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan kulit lainnya, seperti kusam dan flek hitam.
  5. Mencegah Kulit Terbakar (Sunburn)
    Sunburn adalah kondisi kulit yang mengelupas, membengkak, merah, dan gatal-gatal, yang disebabkan paparan sinar UVB berlebihan. Kulit yang terbakar bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Sebuah penelitian dalam 'Annals of Epidemiology' pada Agustus 2008 menunjukkan bahwa kulit yang sering terbakar memiliki risiko lebih tinggi terjangkit melanoma yang mematikan. Oleskan sunscreen secukupnya pada seluruh tubuh yang akan terpapar sinar matahari, dan ulangi sebanyak 2-3 kali
  6. Mencegah Kulit Menggelap
    Pilih sunscreen yang memiliki faktor perlindungan matahari minimal SPF 30 untuk mencegah tanning atau penggelapan yang disebabkan oleh UVB. Oleskan kembali sunscreen setiap dua jam, terutama jika memiliki kulit sensitif.
  7. Meningkatkan Kesehatan Kulit
    Lindungi protein penting pada kulit seperti kolagen, keratin, dan elastin dengan mengaplikasikan sunscreen. Kandungan protein diperlukan untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat. Pastikan sunscreen memiliki titanium oksida di dalamnya untuk manfaat yang maksimal.
  8. Melindungi Kulit Walaupun Pakai Baju Tertutup
    Ketahuilah bahwa bahan katun yang lembap dapat menyerap sinar matahari. Oleh sebab itu, tetap gunakan sunscreen walaupun kamu mengenakan pakaian tertutup. 

 

Nah, jadi masih malas setelah Sahabat SC tahu bahwa sangat bermanfaat kita memakai sunscreen
Semangat dan selalu jaga tubuh kita agar selalu sehat ya, terutama bagian kulit ya. :)
Barakallahu fii kum..

Related Post