Pembatasan Sosial Berskala Besar

Pembatasan Sosial Berskala Besar

APA PSBB ITU

 

Saudara semua pasti suda mendengar ya berita tentang PSBB? PSBB adalah akronim dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang merupakan suatu tindakan ataupun aturan yang pemerintah berlakukan di berbagai daerah guna untuk memutus persebaran virus Corona (COVID-19) yang sedang melanda di negara kita, Indonesia tercinta. Kasus per Selasa (7/4/2020) bahwasanya telah mencapai 2.738 yang teridentifikasi positif dengan angka kematian sebanyak 221 warga.

 PSBB mulai diberlakukan sejak tanggal 10 April 2020, Jakarta menjadi wilayah pertama di Indonesia yang menerapkan PSBB. Pemberlakuan PSBB di ibu kota ditetapkan berlangsung selama 14 hari, yakni selama 10-23 April 2020. Lama pemberlakuan PSBB tersebut bisa diperpanjang jika diperlukan.

Penerapan PSBB didasari oleh Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB. Teknis pelaksanaan PSBB diatur Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020. Berbeda dengan karantina wilayah atau lockdown, status PSBB tidak membuat seluruh aktivitas warga di luar rumah harus dilarang. Pasal 1 Permenkes 9/2020 mendefinisikan PSBB sebagai "pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19 sedemikian rupa.".

Setelah penetapan PSBB, pemerintah dearah (pemda) akan meliburkan sekolah dan tempat kerja. Pemda juga akan membatasi kegiatan keagamaan, kegiatan sosial-budaya dan kegiatan di tempat umum lainnya. Aktivitas di sektor transportasi juga dibatasi. Di ibu kota, ketentuan rinci tentang pelaksanaan PSBB diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020. PSBB berbeda dengan karantina wilayah atau lockdown--yang istilahnya lebih populer di masyarakat. Oscar bilang dalam karantina wilayah, masyarakat sama sekali tidak diperbolehkan ke luar rumah.

Perbedaan lain, mengikuti definisi dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, pemerintah pusat tak punya beban atau kewajiban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah PSBB. Sementara dalam karantina wilayah, "kebutuhan dasar orang dan makanan hewan ternak yang berada di wilayah karantina menjadi tanggung jawab pemerintah pusat."

Kita sebagai warga negara yang baik harus menyikapi dengan baik aturan yang diberlakukan oleh pemerintah yang dimana tujuannya untuk seluruh kebaikan kita semua. Adapun kegiatan yang dilarang selama PSBB berlangsung yang perlu teman-teman perhatikan, yaitu :

1. Di Tempat Sekolah (Pasal 13 Ayat 3)

Dilarang melaksanakan proses giat belajar mengajar di sekolah. Kegiatan sekolah diganti dengan di rumah menggunakan media paling efektif kecuali yang berhubungan pelayanan Kesehatan.

2. Di Tempat Kerja (Pasal 13 Ayat 3)

Perusahaan atau instansi dilarang memperkerjakan pegawainya di kantor dan atau dengan jumlah pekerja normal. Kegiatan ini diganti dengan bekerja di rumah dan atau pembatasan jumlah pekerja, kecuali instansi dan bidang tertentu.

3. Kegiatan Keagamaan (Pasal 13 Ayat 4)

Tempat ibadah dilarang dibuka untuk umum. Hal ini diganti dengan beribadah di rumah masing-masing.

4. Di Tempat Umum (Pasal 13 Ayat 7)

Tempat atau fasilitas umum dilarang dibuka untuk umum, kecuali pada tempat yang telah ditentukan dengan perhatikan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk.

5. Kegiatan Sosial dan Budaya (Pasal 13 Ayat 9)

Pelarangan kegiatan social budaya yang melibatkan banyak orang dan berkerumun (Perkumpulan atau pertemuan politik, olahraga, hiburan, akademik, budaya dan lain-lain).

6. Pada Moda Transportasi (Pasal 13 Ayat 10)

  • Moda transportasi penumpang (umum/pribadi) dilarang mengangkut jumlah penuh dan harus dibatasi.
  • Moda trasnportasi barang dilarang beroperasi kecuali untuk barang penting dan esensial yang telah ditentukan

7. Pembatasan Kegiatan Lainnya (Pasal 13 Ayat 11)

Dilarang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan aspek hankam, kecuali kegiatan OPS militer/kepolisian sebagai unsur utama dan pendukung.

 

Setelah kita mengetahui kegiatan apa saja yang tidak diperbolehkan, sekarang kita juga perlu memahami kegiatan apa saja yang diperbolehkan di lingkungan selama suasana PSBB di kota teman-teman. Kegiatan yang diperbolehkan selama PSBB yaitu :

  1. Di Sekolah (Pasal 13 Ayat 3)

Diperbolehkan proses pendidikan, pelatihan dan penelitian yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan.

  1. Di Tempat Kerja (Pasal 13 Ayat 3)

Ada beberapa kegiatan yang diperbolehkan pada tempat-tempat berikut dengan membatasi jumlah pegawai yang ada :

  • Kantor pemerintah pusat dan daerah, BUMN/BUMD dan perusahaan publik tertentu.
  • Perusahaan komersial dan swasta yang melayani kepentingan rakyat.
  • Perusahaan industri dan kegiatan produksi yang bersifat esensial.
  • Perusahaan logistik dan transportasi yang berhubungan dengan barang kebutuhan pokok dan barang penting.
  1. Kegiatan Keagamaan (Pasal 13 Ayat 4)
  • Beribadah di rumah hanya dengan keluarga dekat dengan menjaga jarak.
  • Maksimal 20 orang bagi pelayat mendiang non COVID-19.
  1. Di Tempat Umum (Pasal 13 Ayat 7)

Diperbolehkan melakukan aktifitas pada tempat-tempat berikut :

  • Toko/tempat penjual barang kebutuhan pokok, peralatan medis/obat, barang penting, BBM, gas dan energi.
  • Fasilitas dan layanan pendukung kesehatan.
  • Hotel atau tempat penginapan yang menampung wisatawan dan orang terdampak COVID-19.
  • Perusahaan untuk fasilitas karantina.
  • Tempat berolahraga dan yang lain untuk pemenuhan kebutuhan dasar rakyat.
  1. Kegiatan Sosial dan Budaya (Pasal 13 Ayat )

Dapat dilaksanakan namun tidak melibatkan banyak orang dan berkerumun dengan berpedoman pada pandangan lembaga adat resmi yang diakui pemerintah dan peraturan UU.

  1. Pada Moda Transportasi (Pasal 13 Ayat 10)
  • Moda trasnportasi orang pribadi atau umum diperbolehkan beroperasi dengan pembatasan jumlah penumpang.
  • Moda transportasi yang diperbolehkan beroperasi untuk kebutuhan barang penting dan esensial antara lain untuk :
  • Kebutuhan medis dan sanitasi
  • Kebutuhan pangan dan barang pokok
  • Pengedaran uang
  • BBM dan BBG
  • Distribusi bahan baku industry manufaktur dan assembling dan karyawannya.
  • Ekspor dan impor paket
  • Kapal penyebrangan
  • Layanan kebakaran, hukum, ketertiban dan darurat.
  • Stasiun, bandara, pelabuhan untuk kargo, bantuan dan evakuasi.
  1. Pembatasan Kegiatan Lainnya (Pasal 13 Ayat 11)

Diperbolehkan melaksanakan kegiatan OPS militer dan OPS kepolisian dalam rangka sebagai unsur utama dan pendukung percepatan penanganan wabah COVID-19, serta kegiatan OPS rutin lainnya.

 

Nah di artikel ini, aku juga akan memberitahu kegiatan bermanfaat yang dapat kamu lakukan saat sedang lockdown. Teman-teman bisa memodifikasinya ya 😊. Berikut kegiatan yang dapat teman-teman lalukan di rumah :

1. Membaca Buku

Untuk kalian yang suka membaca atau bingung harus melakukan apa selama berada di rumah, kalian bisa mencoba untuk membaca buku. Nah untuk kalian yang jarang sekali membaca buku hingga tidak punya buku cerita atau novel untuk dibaca, kalian bisa coba menggunakan e-book yang dapat digunakan di smartphone kalian. Jangan lupa untuk mendengarkan lagu saat membaca buku agar lebih seru ya sobat!

2. Menonton Film

Siapa yang tidak menyukai film? Tentu semua orang menyukainya. Menonton film akan sangat seru dilakukan baik sendiri maupun bersama keluarga jika terjadi lockdown. Terlebih jika kita menontonnya secara maraton untuk menghabiskan waktu libur. Tapi jangan lupa istirahat ya 😊

3. Berolahraga

Selanjutnya kalian bisa berolahraga ringan di dalam rumah untuk menghabiskan waktu luang dan membuat badan tetap sehat.

4.Mengerjakan Tugas

Buanglah rasa malas untuk mengerjakan tugas alias PR. Nah mengerjakan PR itu sangat ampuh sekali untuk menghabiskan waktu luang agar waktu kalian tidak terbuang sia-sia dan tugas juga selesai tepat waktu.

 5. Menulis

Menulis juga bisa menjadi pilihan bagus untuk mengisi libur kamu loh! Dengan menulis, kamu bisa mengekspresikan apa saja yang tidak dapat kamu ungkapkan secara langsung.

6. Memasak

Memasak adalah cara yang seru untuk menghabiskan waktu luang. Dengan memasak, kamu bisa sekaligus bereksperimen dengan masakanmu loh! Jangan lupa untuk mengajak keluargamu memasak agar suasana memasak menjadi ceria.

7. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah juga bisa menjadi aktivitas yang seru untuk mengisi hari libur bersama keluarga. Dan hal ini juga bagus sekali dilakukan agar rumah tetap bersih dan terjaga kerapihannya.

Nah, itu dia 7 hal yang dapat kamu lakukan selama berlangsungnya lockdown. Semoga bermanfaat yaa kawan :)

 


 

Related Post