Sebab dan Solusi Bau Mulut

Sebab dan Solusi Bau Mulut

Sebab dan Solusi Bau Mulut

 

Sahabat SC sudah siap menjalani kegiatan puasa di bulan Ramadhan kan? In syaa Allah 3 hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang penuh keberkahan. Agar kita menjalani ibadah puasa dengan tenang, kita harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya seperti menjaga kenyamanan dalam berinteraksi dengan orang lain disekitar kita. Ada tidak diantara sahabat SC yang kadang malu atau sungkan pas puasa ingin bercengkrama dengan sahabat atau kerabat kita? Sungkan kenapa? Sungkan karena khawatir bau mulut yang menjadi faktor ketidaknyamanan dalam berbicara, walaupun kita sudah yakin selepas sahur kita sudah membersihkan mulut kita baik dengan menggosok gigi dan ditambah dengan berkumur-kumur menggunakan penyegar mulut.

Saat kita berpuasa, kita tidak makan dan minum ya Sahabat SC. Hal ini menyebabkan organ bagian dalam mulut kita kering dan bisa menimbulkan bau mulut dan membuat bakteri di mulut berkembang biak dengan mudah.

Nah kita harus tahu terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa menyebabkan bau mulut, ada dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal antara lain adanya sisa makanan di dalam mulut, sedangkan faktor internal meliputi karies gigi, radang kronis pada saluran pernafasan, gangguan pencernaan dan lain-lain.

Faktor penyebab bau mulut diantaranya :

1. Makanan dan Minuman

Kemungkinan besar berasal dari makanan apa yang kita makan dan makanan itu tertinggal di gigi, walaupun Sahabat SC sudah menyikat gigi akan tetapi jika makanan tersebut masih berada di sela-sela gigi maka tidak lama mulut anda akan kembali bau karena mengalami pembusukan.

Kemudian bisa juga saat makanan dan minuman sudah berada dalam rongga mulut dam sudah diserap oleh pembuluh darah. Bau makanan dan minuman yang selanjutnya akan ditransmisikan ke dalam paru-paru, yang kemudian keluar bersama dengan udara pernafasan memalui mulut seperti saat kita bersendawa, dan hal ini bersifat sementara.

2. Gigi Berlubang

Gigi berlubang juga menyebabkan bau mulut karena, di dalam lubang tersebut masih ada sisa makanan yang kita makan maka di sarankan untuk di periksa ke dokter gigi untuk di lakukan tindakan.

3. Xerostamia

Merupakan istilah untuk ekadaan mulut yang kering, didalam rongga mulut dapat pula terjadinya bau mulut atau disebut dnegan halitosis.

4. Periodontal

Keadaan periodontal mungkin merupakan keadaan patologi yang paling sering terlihat dan menimbulkan bau mulut. Penyebab utamanya dari adanya plak pada gigi kita.

5. Merokok

Bau mulut dapat disebabkan oleh penggunaan tembakau yang menjadi salah satu bahan dari rokok. Kebiasaan ini berkaitan dengan resiko yang besar untuk terjadinya penyakit periodontal dan kanker di dalam rongga mulut pada orang yang gemar merokok.

6. Penyakit Sistemik

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan bau mulut, diantaranya infeksi pada saluran nafas, diabetes, permasalahan pada saluran pencernaan, infeksi pada sinus dan kelainan hati serta ginjal.

7. Obat-obatan

Beberapa obat dapat menimbulkan bau mulut. Obat-obat tertentu dapat juga merubah rasa dan bau, obat-obat tersebut dapat menimbulkan berkurangnya produksi saliva yang menyebabkan terjadinya bau mulut.


Nah, untuk cara mengatasi bau mulut saat berpuasa, SC punya solusinya, lho! Yuk, lihat disini!

1. Perbanyak minum air saat sahur

Dengan asupan air yang cukup, kamu bisa mencegah tak hanya mulut kering, tapi juga bau mulut. Minumlah air sebanyak 8 gelas atau 1,5-2 liter per hari. Di saat bulan puasa kamu bisa secara teratur minum air saat sahur, buka puasa dan menjelang tidur.

2. Makan buah & sayur

Apapun jenis buah dan sayurnya, pastinya bisa mencegah bau napas tak sedap. Buah dan sayur dapat meningkatkan produksi air liur agar mulut tetap lembab dan tidak kering. Selain itu, bisa juga membersihkan mulut dari kuman penyebab bau dan plak.

3. Olahraga yang teratur

Siapa sangka ya dengan berolahraga kamu dapat mengusir bau mulut? Nah, jadi saat kamu berolahraga, kamu akan mengeluarkan zat-zat racun dalam tubuh, termasuk zat racun yang menyebabkan bau mulut. Walaupun sedang berpuasa, tetap semangat berolahraga ya, Sobat SCer!

4. Hindari tidur berlebihan

Wah… Ternyata, kebanyakan tidur bisa membuat bau mulut bertambah parah, lho! Saat kamu tertidur, mulut kita menjadi kering dan bau mulut pun akan mudah muncul. Makanya, Sobat SC, lebih baik untuk tetap semangat beraktivitas saat sedang menunggu waktu berbuka puasa.

5. Jaga kebersihan mulut

Khususnya di bulan puasa, jangan sampai malas menjaga kebersihan mulut ya, Sobat SC! Mulai dari menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan obat kumur dan benang gigi, serta membersihkan lidah.

Semua pembersihan ini dilakukan agar tak ada lagi bakteri di dalam mulutmu. Jangan sampai ada yang terlewat ya, Sobat SC!

Nah, jadi sekarang udah tahu kan bagaimana cara mengatasi bau mulut saat berpuasa, khususnya saat berpuasa 😊, Barakallahu fii kum, semoga bermanfaat ya :)

Related Post