Ramadhan Seru Bareng Keluarga

Ramadhan Seru Bareng Keluarga

Bismillah, bagaimana kabarnya Sahabat semua? Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan untuk beraktivitas dan menjalani ibadah puasa. Sahabat yang dirahmati oleh Allah subahanahu wa ta’ala, penyebaran virus Corona di Indonesia bahkan di dunia masih dalam kondisi terus meningkat setiap harinya. Oleh karena itu, untuk meredam penyebarannya pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap #dirumahaja hingga pandemik COVID-19 ini berakhir.

Meski terdengar menyenangkan, namun praktiknya physical distancing ini bisa membosankan, terutama bagi Sahabat yang senang pergi ke luar rumah ataupun terbiasa berinteraksi dengan banyak orang. Nah, untuk menghindari kebosanan, Mimin punya beberapa cara asyik yang dapat Sahabat lakukan selama di rumah, yuk simak artikel ini.

Berkumpul bersama keluarga tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu ya smart buddies. Apalagi di waktu yang qadarullah kita berkegiatan di rumah cukup panjang seperti sekarang ini. Jika rencana untuk liburan ke luar kota atau ke luar negeri ditunda karena wabah COVID-19, masih banyak juga lho aktivitas liburan seru yang dapat kamu lakukan bersama keluarga di rumah.

Liburan yang baik dan menyenangkan juga dapat mendekatkan anak dan orang tua, yang sehari-harinya sudah sibuk beraktivitas di luar rumah. Selain itu, Sahabat dan anggota keluarga lainnya dapat mencoba banyak hal seru yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Nah, ingin mencari kegiatan asyik bersama keluarga di liburan kali ini? Yuk coba beberapa ide dibawah ini :

1. Memasak makanan kesukaan

Memasak bersama dapat menjadi kegiatan seru yang bisa kamu coba dengan keluarga di rumah. Sahabat bisa mulai dengan berbelanja bahan-bahan makanan bersama hingga menyiapkan semua bahan-bahan di dapur. Sahabat juga bisa mencoba membuat sesuatu yang berbeda dari biasanya, seperti membuat kue untuk cemilan ringan, untuk berbuka puasa dan bisa untuk persiapan di hari lebaran. Carilah resep kue atau camilan baru di internet yang ingin kamu coba. Sahabat bisa berkreasi membuat kue bersama keluarga dapat menambah keceriaan lho, apalagi hasilnya bisa dinikmati bersama-sama juga.

2. Menata ulang rumah

Dengan mendekor ulang rumah, maka hunian akan tampak segar dan baru. Kamu dan keluarga juga jadi lebih kerasan tinggal di dalamnya.

Saat hari biasa, akui saja beberapa dari kita memang sangat malas membersihkan rumah. Karena terlalu lelah dengan segala aktivitas terkadang membersihkan rumah hanya dilakukan ala kadarnya saja. Padahal kebersihan rumah sangat penting untuk dijaga demi kesehatan keluarga loh. Momen liburan yang akan datang, kamu bisa jadwalkan untuk beberes rumah. Lakukan pembersihan secara menyeluruh. Sudut-sudut rumah yang biasa terlewatkan sebaiknya kamu bersihkan sebelum muncul sarang laba-laba. Ajak seluruh keluarga bersih-bersih bersama supaya lebih bersemangat. Segala hal yang dilakukan bersama meski berat nanti akan terasa ringan.Saat luang seperti ini sebaiknya lakukanlah aktivitas yang sulit dilakukan di hari biasa, seperti menata ulang rumah.

Kapan terakhir Sahabat menatap ulang rumah kalian? Kamu dan keluarga bisa mencoba untuk merapikan rumah dan menata ulang dengan dekorasi-dekorasi unik dan kreatif. Selain menata rumah, berkebun juga termasuk salah satu kegiatan yang dapat mempererat hubungan keluarga lho. Kamu bisa mencoba menanam sayuran atau bunga bersama keluarga di pekarangan rumah.

3. Olahraga Pagi

Bangunlah lebih pagi dan ajak keluargamu jogging atau bersepeda di sekitar rumah. Olahraga bersama keluarga tentu akan menambah keseruan kan. Kamu bisa olahraga saat berpuasa, dengan olahraga yang ringan-ringan bisa workout di rumah atau jalan-jalan santai di taman sekitar rumah. Jangan lupa untuk tetap jaga stamina untuk tetap lancar puasanya ya 😊.

4. Bermain game

Pastikan sebelum akhir pekan, Kamu telah membeli permainan-permainan seru yang bisa dimainkan bersama. Contohnya monopoli, uno, ular tangga dan lainnya. Jika ingin lebih seru dan menantang, buatlah turnamen antar anggota rumah dan tentukan 1 hadiah utama yang bisa didapatkan. Sahabat juga bisa bermain di aplikasi ataupun di komputer bersama keluarga. Ada beberapa permainan yang mengasyikkan bisa Sahabat coba di rumah, seperti Doraemon story of season, Harvest Moon, Secret Neighbor, Gartic.io dan masih banyak lagi lho.

5. Nonton film kesukaan tiap anggota keluarga

Kegiatan ini terdengar klasik, tapi menghabiskan waktu di rumah, menonton film kesukaan masing-masing bisa jadi pilihan weekend yang berkualitas. Kamu bisa berbincang-bincang seputar film yang ditonton dan ketahui kenapa anggota keluarga Sahabat menyukai film tersebut. Selain bisa refreshing, kegiatan seperti ini juga bisa re-charge tenaga yang akan dipakai lagi 5 hari ke depan. Apalagi kalo Sahabat punya teknik seru dalam menentukan film apa yang akan ditonton. Pasti menyenangkan.

6. Membaca Buku

Bagi si kutu buku, liburan di rumah saja bukan hal yang membosankan. Ini karena dengan membaca buku, kita bisa mengembangkan imajinasi dan bisa berasa seakan sedang bepergian ke tempat di mana cerita dalam buku tersebut berada. Membaca bisa jadi kegiatan produktif dan tak terasa waktu berlalu dengan cepatnya. Buku memang jendela dunia yang kaya manfaat. Kita bisa menambah pengetahuan dan juga mengasah kemampuan imajinasi. Sebelum liburan datang kamu bisa membeli setumpuk buku baru untuk kamu baca selama liburan. Ini pasti asyik banget ya, karena kamu bisa bersantai seharian sambil membaca buku favorit kamu.

7. Membuat Kerajinan Tangan

Liburan bisa jadi waktu yang asyik untuk melakukan banyak hal. Contohnya saja kamu bisa membuat aneka kerajinan tangan. Kamu bisa membuat sesuatu yang menarik dari segala hal yang ada di sekitar kamu. Tak perlu menggunakan bahan baru, kamu bisa menggunakan bahan lama untuk diolah kembali menjadi barang baru.

Membuat kerajinan ini bisa dibuat bersama keluarga bisa juga dibuat bersama teman. Buatlah sesuatu yang unik misalnya saja tempat pensil dari stik es krim atau bingkai foto dari stik es krim.

Membuat kerajinan tangan selama liburan bisa mengasah imajinasi dan juga kreativitas. Apalagi jika kerajinan tersebut dibuat dengan memanfaatkan barang bekas, hitung-hitung kamu sekalian juga menjaga lingkungan kan.

8. Cek Wishlist Destinasi yang Belum Kesampaian

Meski harus #dirumahaja, bukan berarti kalian tidak bisa merencanakan liburan selanjutnya kan? Sebelum itu, Sahabat bisa melihat kembali wishlist destinasi yang belum sempat dikunjungi sambil mempertimbangkan waktu terbaik untuk pergi ke sana. Jangan lupa, hitung juga perkiraan bujet yang akan dihabiskan selama liburan biar bisa sekalian nabung. Jadi, sewaktu-waktu keadaan sudah membaik, Sahabat bisa langsung berangkat deh!

9. Edit Foto Traveling, Lalu Upload di Medsos

Selama social distancing, kerinduan akan traveling seperti menikmati suasana pantai, mendaki gunung, atau hanya sekadar berjalan-jalan santai mengelilingi kota tampaknya bisa sedikit terbayar dengan melihat kembali foto-foto liburan Sahabat sebelumnya. Kalian bisa sekalian mengedit foto-foto yang menyimpan kisah menarik, lalu mengunggahnya ke medsos. Jangan lupa tambahkan hashtag #throwback biar memori bahagianya terkenang terus!

10. Sisihkan Waktu buat Video Chat bareng Teman

Thanks to technology! Rasanya kalimat tersebut sangat relate dengan saat-saat seperti ini. Kalau sudah mulai merasa bosan di rumah, mungkin inilah saatnya Sahabat menghubungi beberapa teman atau kerabat melalui aplikasi instant messaging. Sahabat bisa memanfaatkan fitur video chat yang memungkinkan Sahabat untuk tetap "bertemu" secara online, lalu berbagi cerita bersama mereka.

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan bersama keluarga dan in syaa Allah bermanfaat. Barakallahu fii kum

Related Post