5 Menu SImpel dan Sehat tuk Buka Puasa

5 Menu SImpel dan Sehat tuk Buka Puasa

Ahlan wa sahlan Sahabat 😊, gimana puasanya? In syaa Allah lancar ya. Alhamdulillah kita sudah memasuki puasa Ramdhan yang ke 15 nih, bagaimana dengan menu buka puasanya? Sangat bervariatif? Suka yang simple? Atau harus dipersiapkan dengan penuh effort terlebih dahulu? 😊. Pastinya tiap masing-masing berbeda ya menu buka puasa favoritnya. Beda daerah, beda menu khasnya dan beda selera. Biasanya baik dari Sahabat yang masih single merantau disuatu daerah, baru saja menikah atau Mommy yang sudah menjalani Kehidupan rumah tangga lebih lama , lebih memiliki menu buka puasa yang simple, praktis dan pastinya jangan lupa kita harus memperhatikan gizi dan thoyyib tidak untuk badan kita.

Indonesia adalah negara yang mayoritasnya banyak penduduknya beragama Islam. Lama waktu kita melaksanakan ibadah puasa di Indonesia kurang lebih 12 jam. Selama 12 jam itu pun kita juga masih tetap menjalani kegiatan seperti biasa, adapun mungkin yang memanfaatkannya dengan effort yang besar untuk beribadah dan menambah ilmu agama, karena bulan Ramadhan adalah bulan yang berkah dan dilimpahkannya pahala yang banyak. Nah ketika selepas waktu dzuhur adalah saatnya waktu para wanita bermain dengan penggorengan, bahan-bahan kulkas dan alat lainnya untuk menyiapkan menu berbuka.

Selama adanya wabah COVID-19 aku merasakan cukup berantakan jam tidurnya, apakah diantara Sahabat ada yang begitu juga? Entah karena tidak banyak kegiatan yang cukup menguras tenaga seperti sebelum adanya wabah ini, atau ada hal lain yang mempengaruhi ritme sirkadian tubuh. Karena di rumah hanya berdua dengan suami, suami bukan tipikal yang sulit permintaannya, melainkan menu berbuka lebih menginginkan yang praktis-praktis aja. Alhamdulillah, itu salah satu nikmat yang tiada tara memiliki pasangan tidak rumit permintaannya 😊.

Pada artikel kali ini, aku ingin berbagi menu buka puasa yang sederhana, baik untuk kesehatan, tepat dalam kombinasinya dan bonusnya adalah berat badan turun. Bagaimana mau mencoba? Yuk simak jangan sampai terlewat.

Menu buka pertama yang sangat simple dan sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah air mineral. Hayoo yang masih buka puasa dengan es teh manis, es cendol, es buah, es campur dan es yang lainnya yang mengandung banyak gula, hati-hati ya Sahabat. Kits berpusds kurang lebih 12 jam. Air dalam tubuh banyak yang hilang dan jangan sampai kita dehidrasi. Kenapa tidak disarankan langsung minum yang mengandung gula? Karena itu akan menyebabkan gula kita dalam tubuh langsung melejit naik tinggi. Nah lho, apalagi kalau minum yang dingin-dingin, segar itu pastinya tidak bisa hanya satu gelas. Ya apa nggak? Tubuh pertama kali membutuhkan air mineral, dan air mineral sangat cepat untuk diserap oleh tubuh. Kurang dari 5 menit in syaa Allah air mineral langsung diserap sampai ke darah dan diedarkan ke seluruh tubuh kita.

Menu buka kedua, simple, padat, bergizi dan mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu kurma.

Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air.

(HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud). Dilansir dari muslim. Or. Id oleh Ust. Yulian purnama 10/7/2014)

Kurma memiliki banyak manfaat dan dapat mengganjal hawa nafsu sementara kita untuk makan selanjutnya. Biasanya dan tradisinya kalau di Indonesia buka puasa minum es, kemudian ada menu buka yaitu gorengan, lalu ambil piring langsung makan berat. Apa nggak kaget perut kita? Kasihan lho Sahabat, lambung udah puasa, nggak bekerja selama kurang lebih 12 jam. Eh tiba-tiba pas buka puasa langsung makan berat. Berat kerja pencernaannya dan khawatir tidak optimal dalam kerja lambung dan organ pencernaan lainnya. Kita dianjurkan untuk memulai dengan yang manis-manis, hanya saja bukan manis dari gula putih, gula buatan lainnya, itu tidak baik. Maka sebaiknya kita mengambil gula dari bahan alami yaitu dari buah kurma. Hanya saja tetap jangan berlebihan ya 😊

Menu buka ketiga yaitu air kelapa muda. Air kelapa muda adalah menu buka puasa yang sangat pas untuk Sahabat, jika Sahabat berfokus untuk menggantikan cairan di tubuh setelah melakukan aktivitas fisik selama puasa. Air kelapa mengandung elektrolit alami seperti kalium, natrium, dan mangan, yang dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Jika Sahabat ingin minuman isotonic yang kemasan, sangat tidak dianjurkan karena dalam isotonic kemasan juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Menu buka keempat yaitu pudding buah. Puding bisa menjadi pilihan sajian buka puasa yang menyegarkan dan nikmat apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin, ya kan Sahabat? Selain itu puding bisa menjadi menu buka puasa yang menyehatkan lho, selama puding dibuat dari bahan baku yang cocok dengan kebutuhan gizi untuk berbuka puasa.

Puding yang segar dan tetap sehat bisa kita kreasikan dari berbagai jenis bahan baku mulai dari buah, cokelat atau oatmeal. Selain itu penggunaan gula juga bisa kita pilih dari gula alami yang menyehatkan misalnya saja sari buah, sari kurma, madu atau kayu manis.

Sahabat nih ada beberapa contoh pudding yang bisa dicoba di rumah :

Puding mangga dengan fla susu

Olahan mangga sangat hits untuk diolah sebagai minuman, kini tentu tak ada salahnya Sahabat membuatnya menjadi puding mangga.

Caranya : haluskan mangga menggunakan blender agar kandungan seratnya lebih optimal, lalu buatlah sebagai bahan baku campuran dalam puding. Sahabat bisa membuat saus alami dari susu rendah lemak dan sari mangga atau membuat saus dari kayu manis dan susu kental manis rendah gula yang tentu juga cocok sebagai teman puding mangga.

Jangan lupa pastikan memilih mangga yang telah matang agar Sahabat tidak perlu menambahkan banyak gula, ya.

Puding oatmeal dengan buah blueberrry

Puding dari oatmeal bisa menjadi pilihan yang tetap menyegarkan saat berbuka puasa. Tekstur atau tampilan puding yang disajikan memang berbeda, namun rasanya tetap sama enaknya.

Cara membuatnya adalah dengan merebus atau panaskan oatmeal hingga lembek lalu tambahkan dua sendok makan susu rendah lemak, bubuk kayu manis, garam, tambahkan sari buah blueberi atau potongan buah blueberi segar. Sebagai pemanis, penambahan madu boleh digunakan. Masukkan adonan dalam wadah dan sajikan dingin. Puding yang satu ini tentu tetap nikmat dan sehat bukan?

Puding buah mix

Ada banyak buah di rumah namun Sahabat sedang bosan untuk mengolah menjadi jus atau salad? Olah buah tersebut menjadi puding buah mix bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sahabat bisa menambahkan potongan buah dalam adonan puding atau menyajikan puding berlapis yang masing-masing lapisnya berasal dari berbagai sari buah.

Selain itu membuat buah sebagai topping atau fla dari sari buah bisa jadi pilihan yang tepat. Pastikan buah yang Sahabat gunakan sudah matang sempurna agar penggunaan gula bisa ditekan, ya.

Menu buka kelima yaitu pancake oat. Mau yang seperti gorengan? Nah ini ada yang cocok pengganti gorengan, pancake oat. Pancake yang berbahan dasar oats ini sangatlah sehat dan tentunya sangat cocok untuk menu berbuka. Untuk bahannya kamu membutuhkan:

  • 125 gr tepung gandum utuh
  • 50 gr oats
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 1 butir telur
  • 250 ml susu
  • 2 sdm gula putih
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt vanilla extract
  • 50 gr Choco chip sebagai topping
  • Margarin atau butter untuk menggoreng

Cara membuatnya kamu harus mencampurkan tepung gandum, oats, baking powder, bubuk kayu manis, garam dan gula, aduk semua bahan hingga rata. Siapkan wadah lainnya dan campurkan susu dan telur hingga merata kemudian tambahkan vanilla extract setelah itu, campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga merata hingga tidak ada gumpalan.

Panaskan wajan dengan api sedang kemudian lelehkan margarin atau butter. Gunakan centongan atau gelas untuk menuangkan adonan. Balik panggang setiap sisi adonan selama 2 menit atau sampai terlihat kering pada bagian ujung sisipancake. Setelah matang taburkan choco chip di atas pancake.

Bagaimana Sahabat dari ke lima sajian untuk berbuka puasa versi saya? Cukup simple bukan? Karena sebaiknya saat berbuka jangan langsung makanan berat ya, kasihan sama lambung dan usus kita langsung kerja berat. Saran saya makan beratnya selepas sholat tarawih saja 😊. Jadi Sahabat hari ini, mau buat menu buka puasa apa?

Semoga bermanfaat, barakallahu fii kum.

Related Post